Senang dengan Dunia Penerbangan? Yuk Gabung di Saka Dirgantara

Please follow and like us:

Bagi kamu yang senang dengan dunia kedirgantaraan dapat menyalurkan hobi kamu di sini, khususnya di Saka Dirgantara. Ada banyak hal yang kamu bisa dapat, tak hanya wawasan dan aktivitas bahkan kamu bisa coba menekuni beragam olahraga dirgantara di sini.

Dari tingkat Sekolah Dasar (SD) hingga Sekolah Tingkat Menengah (SMA) atau yang sederajat, di setiap sekolah diadakan kegiatan ekstra kulikuler (ekskul) pendidikan kepanduan yang bernama Gerakan Praja Muda Karana atau yang lebih kita kenal dengan akronim Gerakan Pramuka.

Sedikit berkenalan, Satuan Karya Pramuka Dirgantara atau Saka Dirgantara merupakan salah satu Satuan Karya Pramuka yang berlaku secara nasional. Saka Dirgantara merupakan wadah pembinaan bagi Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega yang memberikan pengetahuan dan keterampilan praktis di bidang kedirgantaraan.

Apa itu dirgantara? Dirgantara adalah ruang udara yang terbentang luas di atas  permukaan bumi hingga batas yang tak terhingga. Sedangkan kedirgantaraan mengandung arti segala sesuatu yang berkaitan dengan dirgantara, serta usaha kegiatan manusia dalam rangka pendayagunaan dirgantara bagi kepentingan suatu bangsa.

Sesuai dengan bidangnya yang hidup di sektor udara, Saka Dirgantara dibentuk dan dibina berdasarkan kerja sama antara Gerakan Pramuka dengan TNI Angkatan Udara, perusahaan penerbangan, atau klub (organisasi) aeromodelling.

Kilas Sejarah

Terbentuknya Saka Dirgantara, tidak terlepas dari peran serta Angkatan Udara Republik Indonesia/ AURI (sekarang TNI Angkatan Udara) dan sejarah aeromodelling di Indonesia. Pada tahun 1948, AURI telah merintis terbentuknya Aero Club dan Pandu.

Pada Juni 1954 untuk pertama kalinya diadakan perkemahan Pandu Udara di Pangkalan Udara Halim Perdanakusuma yang dihadiri oleh 80 Pandu Udara yang berasal dari seluruh penjuru nusantara. Dalam perkemahan yang dilaksanakan kala itu, berbagai perlombaan kedirgantaraan. Hingga tahun 1955 telah tercatat 35.000 anggota Pandu Udara di seluruh Indonesia telah terhimpun.

Dalam perkembangannya, pada tahun 1966 terciptalah sebuah konsensus antara TNI AU dan Gerakan Pramuka dalam membentuk Kompi Pramuka Dirgantara. Kesepakatan tersebut tertuang dalam    Instruksi Bersama Menteri/Panglima Angkatan Udara dan Ketua Kwarnas Gerakan Pramuka Nomor 13 Tahun 1966 dan Nomor 6 Tahun 1966 Tentang Pembentukan Kompi-kompi Pramuka Dirgantara. Kompi Pramuka Dirgantara inilah yang kemudian berubah nama menjadi Satuan Karya Pramuka Dirgantara.

Aktivitas Saka Dirgantara

Saka Dirgantara memberikan bekal pengetahuan dan keterampilan khusus yang berbeda dengan Gugusdepan Gerakan Pramuka. Dalam Saka Dirgantara anggota Gerakan Pramuka diberikan     pendidikan, pembinaan, pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi serta ketrampilan di bidang kedirgantaraan.

Dalam mempelajari materi-materi kedirgantaraan, anggota Saka Dirgantara dikelompokkan dalam satuan-satuan terkecil yang disebut sebagai Krida, yang beranggotakan antara 5-10 orang. Setiap Krida mempelajari keterampilan, pengetahuan, dan teknologi tertentu.

Saka Dirgantara memiliki tiga Krida, yakni Krida Olahraga Kedirgantaraan, Krida Pengetahuan Kedirgantaraan, dan Krida Jasa Kedirgantaraan. Nah, masing-masing Krida dalam Saka Dirgantara memiliki Tanda Kecakapan Khusus (TKK) yang dapat dicapai setelah menyelesaikan Syarat-Syarat Kecakapan Khusus (SKK).

Selain itu, kegiatan Saka Dirgantara lainnya adalah Latihan Rutin Saka; Kegiatan berkala (misalnya persiapan lomba); Perkemahan Bakti Saka Dirgantara (Perti Saka Dirgantara), yakni perkemahan antar anggota Saka Dirgantara; Perkemahan Antar Saka (Peransaka), yaitu perkemahan bersama antar lebih dari satu Saka; Saka Bahari; dan kegiatan berkala lainnya yang dilaksanakan dalam menghadapi momen-momen penting.

Bagi kamu yang masih bingung mau ikut kegiatan ekskul apa di sekolahmu, enggak ada salahnya kalau kamu ikut Gerakan Pramuka dan kembangkan kemampuan dirimu di Saka Dirgantara. Banyak pengalaman menarik lain yang kamu bisa peroleh dari sini dan tentunya pengalaman yang amat jauh berbeda serta lebih bergengsi dari kegiatan ekskul lainnya.

Macam-macam SKK dalam Saka Dirgantara adalah:

SKK dalam Krida Olahraga Kedirgantaraan:

  • SKK Pesawat Bermotor
  • SKK Pesawat Tak Bermotor
  • SKK Aeromodelling
  • SKK Terjun Payung
  • SKK layang Gantung

SKK dalam Krida Pengetahuan Kedirgantaraan:

  • SKK Navigasi Udara
  • SKK Pengatur Lalulintas Udara
  • SKK Meteorologi
  • SKK Fasilitas Penerbangan
  • SKK Aerodinamika.

SKK dalam Krida Jasa Kedirgantaraan:

  • SKK Teknik Mesin Pesawat Udara
  • SKK Komunikasi
  • SKK Struktur Pesawat
  • SKK Search and Rescue (SAR)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *